Jumat, 10 April 2009

Kurangnya Pengelolaan SDA di Indonesia

Indonesia adalh negara yang kaya dengan kekayaan alam. Negara ini merupakan salah satu surga sumber daya alam. Laut kita begitu luas dan penuh dengan potensi alam yang dapat dimanfaatkan. Hutan kita membentang dari SAbang sampai Merauke. Tanah kita pun mengandung mineral-mineral yang sangat baik. Hasil barang tambang kita pun dapat diacungkan jempol. Namun sayangnya, kita belum mampu mengelola semua potensi alam itu dengan baik. Masih banyak pemanfaatan alam dengan semena-mena dan tidak bertanggung jawab. Banyak pula pemanfaatan SDA secara illegal. Menurut saya, yang menjadi permasalahan kita adalah masyarakat kurang pemahanan atas potensi SDA kita sendiri,kurang selarasnya apresiasi masyarakat terhadap lingkungan dengan sarana dan prasarana yang ada,pembabatan hutan secara liar,banyaknya limbah buangan,dan kurangnya minat dan semangat generasi muda untuk menggeluti bidang-bidang pengelolaan sumber daya alam.

Karena hal-hal itulah, semestinya pemerintah dapat bertindak dengan cepat menanganinya. NAmun selain pemerintah, masyarakat juga perlu meningkatkan kesadaran mereka untuk menjaga lingkungan. Masyarakat harus mengubah paradigma mereka bahwa SDA hanyalah untuk dinikmati saja. paradigma itulah yang harus diganti mnjadi SDA harus dimanfaatkan dengan bijak dan harus di lestarikan agar tidak cepat musnah.

Kita seharusnya bersyukur pada Yang Kuasa karena telah menganugerahi Negara yang indah ini dengan kekayaan alam yang berlimpah. Maka untuk mengungkapkan syukur kita itu, sepatutnya kita menjaga dan melestarikan alam yang dititipkan Tuhan pada kita. Jangan sampai alam yang dititipkan pada kita ini hancur di tangan kita sendiri. jangan sampai alam yang seharusnya menjadi sahabat kit ini menjadi musuh yang menghancurkan. Contohnya saja, peristiwa Situ Gintung. Ini merupakan bukti bahwa kita kurang peduli pada lingkungan dan mengakibatkan terjadinya bencana itu.

Semoga saja masyarakat mau dan dapat menjaga lingkungan alam yng sudah dititipkan Yang Kuasa kepada kita. Semoga saja Indonesia tidak mengalami krisis Sumber Daya Alam.
oleh : Reymond A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar